
Menghitung Luas dan Keliling Bangun 2 Dimensi
pada kali ini, saya akan mencoba membuat program java menghitung luas dan keliling bangun 2 dimensi seperti lingkaran, segitiga siku-siku, bujur sangkar, persegi panjang, dan lain-lain.1. Lingkaran
Source code : Program Circle
/**
* Program Circle
* Deklarasi kelas lingkaran
* Nama file : circle.java
*/
public class Circle
{
private double Radius;
private double luas;
private double keliling;
public Circle (double r)
{
Radius = r;
}
public double getRadius()
{
return Radius;
}
public double getLuas()
{
luas = 3.14 * Radius * Radius;
return luas;
}
public double getKeliling()
{
keliling = 2 * 3.14 * Radius;
return keliling;
}
}
Source code : Program CircleTest
/**
* Program CircleTest
* Program ini untuk menguji kelas Circle
* Nama file : CircleTest.java
*/
import java.util.Scanner;
public class CircleTest
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
double r;
System.out.printf ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Lingkaran\n");
System.out.printf ("Masukkan nilai radius : ");
r = scan.nextDouble();
Circle Lingkaran = new Circle(r);
System.out.println ("Luas = " + Lingkaran.getLuas());
System.out.println ("Keliling = " + Lingkaran.getKeliling());
}
}
Output :2. Segitiga Siku-siku
Source code : Program Triangle
/**
* Program Triangle
* Deklarasi kelas segitiga siku-siku
* Nama file : Triangle.java
*/
public class Triangle
{
private float alas;
private float tinggi;
private float miring;
private float luas;
private float keliling;
public Triangle(float a, float t, float m)
{
alas = a;
tinggi = t;
miring = m;
}
public float getAlas()
{
return alas;
}
public float getTinggi()
{
return tinggi;
}
public float getMiring()
{
return miring;
}
public float getLuas()
{
return alas*tinggi/2;
}
public float getKeliling()
{
return alas + tinggi + miring;
}
}
Source Code : Program TriangleTest
/**
* Program TriangleTest
* Program ini untuk menguji kelas Triangle
* Nama file : TriangleTest.java
*/
import java.util.Scanner;
public class TriangleTest
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner (System.in);
float a, t, m;
System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling pada Segitiga Siku-siku");
System.out.printf ("Masukkan nilai alas : ");
a = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi : ");
t = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi miring : ");
m = scan.nextFloat();
Triangle Segitiga = new Triangle (a, t, m);
System.out.println ("Luas = " + Segitiga.getLuas());
System.out.println ("Keliling = " + Segitiga.getKeliling());
}
}
Output:
3. Bujur Sangkar
/**
* Program Square
* Deklarasi kelas bujur sangkar
* Nama file : Square.java
*/
public class Square
{
private int sisi;
private int luas;
private int keliling;
public Square(int s)
{
sisi = s;
}
public int getSisi()
{
return sisi;
}
public int getLuas()
{
luas = sisi * sisi;
return luas;
}
public int getKeliling()
{
keliling = 4 * sisi;
return keliling;
}
}
Source code : Program SquareTest
/**
* Program SquareTest
* program ini untuk menguji kelas Square
* Nama file : SquareTest.java
*/
import java.util.Scanner;
public class SquareTest
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int s;
System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Bujur Sangkar");
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi : ");
s = scan.nextInt();
Square Persegi = new Square(s);
System.out.println("Luas = " + Persegi.getLuas());
System.out.println("Keliling = " + Persegi.getKeliling());
}
}
Output :
4. Persegi Panjang
Source code : Program Rectangle
/**
* Program Rectangle
* Deklarasi kelas persegi panjang
* Nama file : Rectangle.java
*/
public class Rectangle
{
private int panjang;
private int lebar;
private int luas;
private int keliling;
public Rectangle (int p, int l)
{
panjang = p;
lebar = l;
}
public int getPanjang()
{
return panjang;
}
public int getLebar()
{
return lebar;
}
public int getLuas()
{
return panjang*lebar;
}
public int getKeliling()
{
return 2*(panjang + lebar);
}
}
Source code : Program RectangleTest
/**
* Program RectangleTest
* Program ini untuk menguji kelas Rectangle
* Nama file : RectangleTest.java
*/
import java.util.Scanner;
public class RectangleTest
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
int p, l;
System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling pada Persegi Panjang");
System.out.printf ("Masukkan nilai panjang : ");
p = scan.nextInt();
System.out.printf ("Masukkan nilai lebar : ");
l = scan.nextInt();
Rectangle PersegiPanjang = new Rectangle(p,l);
System.out.println ("Luas = " + PersegiPanjang.getLuas());
System.out.println ("Keliling = " + PersegiPanjang.getKeliling());
}
}
Output :
5. Layang-layang
Source code :
/**
* Program kelas layang2
* Menghitung luas dan keliling layang-layang
* Nama file : Layang2.java
*/
import java.util.Scanner;
public class Layang2
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
float a, b, c, d, diagonal1, diagonal2, luas, keliling;
System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Layang-Layang");
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi a : ");
a = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi b : ");
b = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi c : ");
c = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai sisi d : ");
d = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai diagonal-1 : ");
diagonal1 = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai diagonal-2 : ");
diagonal2 = scan.nextFloat();
luas = diagonal1 * diagonal2 / 2;
keliling = a + b + c + d;
System.out.println();
System.out.println ("Luas = " + luas);
System.out.println ("Keliling = " + keliling);
}
}
Output :
6. Trapesium
Source code :
/**
* Program kelas Trapesium
* Mengitung luas dan keliling pada trapesium
* Nama file : Trapesium.java
*/
import java.util.Scanner;
public class Trapesium
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
float a, b, c, d, t, luas, keliling;
System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling Trapesium");
System.out.printf ("Masukkan nilai a : ");
a = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai b : ");
b = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai c : ");
c = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai d : ");
d = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi : ");
t = scan.nextFloat();
luas = (a + b)/2 * t;
keliling = a + b + c + d;
System.out.println();
System.out.println ("Luas = " + luas);
System.out.println ("Keliling = " + keliling);
}
}
Output :
7. Jajaran Genjang
Source code :
/**
* Program kelas JajaranGenjang
* Menghitung luas dan keliling pada jajaran genjang
* Nama file : JajaranGenjang.java
*/
import java.util.Scanner;
public class JajaranGenjang
{
public static void main (String[] args)
{
Scanner scan = new Scanner(System.in);
float a, b, c, d, t, luas, keliling;
System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Jajaran Genjang");
System.out.printf ("Masukkan nilai a : ");
a = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai b : ");
b = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai c : ");
c = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai d : ");
d = scan.nextFloat();
System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi : ");
t = scan.nextFloat();
System.out.println();
System.out.printf ("Luas = %.2f\n", a*t);
System.out.printf ("Keliling = %.2f\n", a+b+c+d);
}
}
Output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar