Senin, 20 Maret 2017

Luas & Keliling Bangun 2D




Menghitung Luas dan Keliling Bangun 2 Dimensi  
        pada kali ini, saya akan mencoba membuat program java menghitung luas dan keliling bangun 2 dimensi seperti lingkaran, segitiga siku-siku, bujur sangkar, persegi panjang, dan lain-lain.

1. Lingkaran
     










Source code : Program Circle
 /**  
  * Program Circle  
  * Deklarasi kelas lingkaran  
  * Nama file : circle.java  
  */  
   
 public class Circle  
 {  
   private double Radius;  
   private double luas;  
   private double keliling;  
     
   public Circle (double r)  
   {  
     Radius = r;  
   }  
     
   public double getRadius()  
   {  
     return Radius;  
   }  
     
   public double getLuas()  
   {  
     luas = 3.14 * Radius * Radius;  
     return luas;  
   }  
     
   public double getKeliling()  
   {  
     keliling = 2 * 3.14 * Radius;  
     return keliling;  
   }  
 }  

Source code : Program CircleTest
 /**  
  * Program CircleTest  
  * Program ini untuk menguji kelas Circle  
  * Nama file : CircleTest.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class CircleTest  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
     double r;  
     System.out.printf ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Lingkaran\n");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai radius : ");  
     r = scan.nextDouble();  
     Circle Lingkaran = new Circle(r);  
     System.out.println ("Luas   = " + Lingkaran.getLuas());  
     System.out.println ("Keliling = " + Lingkaran.getKeliling());  
   }  
 }  
Output :

2. Segitiga Siku-siku

      

Source code : Program Triangle
 /**  
  * Program Triangle  
  * Deklarasi kelas segitiga siku-siku  
  * Nama file : Triangle.java  
  */  
   
 public class Triangle  
 {  
   private float alas;  
   private float tinggi;  
   private float miring;  
   private float luas;  
   private float keliling;  
     
   public Triangle(float a, float t, float m)  
   {  
     alas = a;  
     tinggi = t;  
     miring = m;  
   }  
     
   public float getAlas()  
   {  
     return alas;  
   }  
     
   public float getTinggi()  
   {  
     return tinggi;  
   }  
     
   public float getMiring()  
   {  
     return miring;  
   }  
     
   public float getLuas()  
   {  
     return alas*tinggi/2;  
   }  
     
   public float getKeliling()  
   {  
     return alas + tinggi + miring;  
   }  
 }  

Source Code : Program TriangleTest
 /**  
  * Program TriangleTest  
  * Program ini untuk menguji kelas Triangle  
  * Nama file : TriangleTest.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class TriangleTest  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner (System.in);  
     float a, t, m;  
     System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling pada Segitiga Siku-siku");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai alas     : ");  
     a = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi    : ");  
     t = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi miring : ");  
     m = scan.nextFloat();  
       
     Triangle Segitiga = new Triangle (a, t, m);  
     System.out.println ("Luas = " + Segitiga.getLuas());  
     System.out.println ("Keliling = " + Segitiga.getKeliling());  
   }  
 }  

Output:

3. Bujur Sangkar

    
Source code : Program Square
 /**  
  * Program Square   
  * Deklarasi kelas bujur sangkar  
  * Nama file : Square.java  
  */  
   
 public class Square  
 {  
   private int sisi;  
   private int luas;  
   private int keliling;  
     
   public Square(int s)  
   {  
     sisi = s;  
   }  
     
   public int getSisi()  
   {  
     return sisi;  
   }  
     
   public int getLuas()  
   {  
     luas = sisi * sisi;  
     return luas;  
   }  
     
   public int getKeliling()  
   {  
     keliling = 4 * sisi;  
     return keliling;  
   }  
 }  

Source code : Program SquareTest
 /**  
  * Program SquareTest  
  * program ini untuk menguji kelas Square  
  * Nama file : SquareTest.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class SquareTest  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
     int s;  
     System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Bujur Sangkar");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi : ");  
     s = scan.nextInt();  
     Square Persegi = new Square(s);  
     System.out.println("Luas   = " + Persegi.getLuas());  
     System.out.println("Keliling = " + Persegi.getKeliling());  
   }  
 }  

Output :

4. Persegi Panjang
 
      
Source code : Program Rectangle
 /**  
  * Program Rectangle  
  * Deklarasi kelas persegi panjang   
  * Nama file : Rectangle.java   
  */  
   
 public class Rectangle  
 {  
   private int panjang;  
   private int lebar;  
   private int luas;  
   private int keliling;  
     
   public Rectangle (int p, int l)  
   {  
     panjang = p;  
     lebar = l;  
   }  
     
   public int getPanjang()  
   {  
     return panjang;  
   }  
     
   public int getLebar()  
   {  
     return lebar;  
   }  
     
   public int getLuas()  
   {  
     return panjang*lebar;  
   }  
     
   public int getKeliling()  
   {  
     return 2*(panjang + lebar);  
   }  
 }  

Source code : Program RectangleTest
 /**  
  * Program RectangleTest  
  * Program ini untuk menguji kelas Rectangle  
  * Nama file : RectangleTest.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class RectangleTest  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
     int p, l;  
     System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling pada Persegi Panjang");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai panjang : ");  
     p = scan.nextInt();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai lebar  : ");  
     l = scan.nextInt();  
     Rectangle PersegiPanjang = new Rectangle(p,l);  
     System.out.println ("Luas   = " + PersegiPanjang.getLuas());  
     System.out.println ("Keliling = " + PersegiPanjang.getKeliling());  
   }  
 }  

Output :

5. Layang-layang
    
Source code :
 /**  
  * Program kelas layang2  
  * Menghitung luas dan keliling layang-layang  
  * Nama file : Layang2.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class Layang2  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
       
     float a, b, c, d, diagonal1, diagonal2, luas, keliling;  
       
     System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Layang-Layang");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi a : ");  
     a = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi b : ");  
     b = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi c : ");  
     c = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai sisi d : ");  
     d = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai diagonal-1 : ");  
     diagonal1 = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai diagonal-2 : ");  
     diagonal2 = scan.nextFloat();  
       
     luas = diagonal1 * diagonal2 / 2;  
     keliling = a + b + c + d;  
       
     System.out.println();  
     System.out.println ("Luas = " + luas);  
     System.out.println ("Keliling = " + keliling);  
       
   }  
 }  
Output :

6. Trapesium 
     

Source code :
 /**  
  * Program kelas Trapesium  
  * Mengitung luas dan keliling pada trapesium  
  * Nama file : Trapesium.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class Trapesium  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
     float a, b, c, d, t, luas, keliling;  
       
     System.out.println("Menghitung Luas dan Keliling Trapesium");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai a : ");  
     a = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai b : ");  
     b = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai c : ");  
     c = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai d : ");  
     d = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi : ");  
     t = scan.nextFloat();  
       
     luas = (a + b)/2 * t;  
     keliling = a + b + c + d;  
       
     System.out.println();  
     System.out.println ("Luas = " + luas);  
     System.out.println ("Keliling = " + keliling);  
   }  
 }  

Output :

7. Jajaran Genjang
   
Source code :
 /**  
  * Program kelas JajaranGenjang  
  * Menghitung luas dan keliling pada jajaran genjang  
  * Nama file : JajaranGenjang.java  
  */  
   
 import java.util.Scanner;  
   
 public class JajaranGenjang  
 {  
   public static void main (String[] args)  
   {  
     Scanner scan = new Scanner(System.in);  
       
     float a, b, c, d, t, luas, keliling;  
       
     System.out.println ("Menghitung Luas dan Keliling Pada Jajaran Genjang");  
     System.out.printf ("Masukkan nilai a : ");  
     a = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai b : ");  
     b = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai c : ");  
     c = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai d : ");  
     d = scan.nextFloat();  
     System.out.printf ("Masukkan nilai tinggi : ");  
     t = scan.nextFloat();  
       
     System.out.println();  
     System.out.printf ("Luas = %.2f\n", a*t);  
     System.out.printf ("Keliling = %.2f\n", a+b+c+d);  
   }  
 }  

Output :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar